Sunday 17 March 2013

UPDATE!! Menghilangkan Noise CARA REKAMAN DENGAN LAPTOP (NEWBIE)

CARA SEDERHANA REKAMAN DENGAN LAPTOP (NEWBIE)


Maaf baru posting hari ini, soalnya saya sedang disibukan prepare ujian nasional
oh iya, jangan panggil saya mas, atau bapak, karna saya masih muda dan ganteng pula (aduh fitnah ituuuuuuu) panggil aja egi, oke?
langsung saja, tanpa basa basi
Mau tau rahasia dapur rekaman saya?
baik, saya akan bongkar satu persatu dan sudah saya ringkas.

Sebetulnya banyak trik untuk rekaman, contoh besarnya kalian bisa klik  DISINI
karna jika kita bisa berfikir jernih, tidak usah membuat musik, cukup download dan bernyanyi, tapi bisa dapat uang.


INFO Update 10 april 2017
Kini anda bisa menemui saya diyoutube, subscribe jika dirasa anda membutuhkannya, karna kontennya akan berkaitan dengan setup saya rekaman, hingga ke pembuatan video.
silahkan klik linknya:

Siapkan dulu senjata buat kita rekaman, seperti di bawah ini:


1. Laptop (kalo ga punya, pinjem dulu ke temen)
2. Gitar (gak punya juga? pinjem dulu, atau ga pinjem tanpa ijin *ups)
3. Efek Gitar (recommended, ga pake juga engga apa apa)

4. MIC (kalo gak punya ambil aja mic di masjid sebelah hihi)

5. Kabel jack, 2 kabel untuk input dan output. Sambungan dari jack gitar agar bisa di inputkan ke laptop, (murah Cuma Rp.3000.00,- (tiga ribu rupiah) Serta kabel bekas tapi panjang untuk hilangkan noise
Sudah disiapkan senjata yang akan kita gunakan? Mari kita memulai
laptop anda harus sudah terinstal aplikasi untuk merekam, bukan bawaan windows.
disini saya akan menggunakan software biasa saja sebagai alat tempurnya.
ini dia softwarenya, FL STUDIO, AUDACITY, MIXRAFT 7

FL STUDIO
ini adalah software untuk membuat drum midi, atau instrumen secara virtual
contoh, kita ingin lagu yang kita rekam di isi dengan orchestra, tapi kendalanya, kita gapunya alat tersebut
Kini anda bisa menemui saya diyoutube, subscribe jika dirasa anda membutuhkannya, karna kontennya akan berkaitan dengan setup saya rekaman, hingga ke pembuatan video.
silahkan klik linknya:
https://www.youtube.com/channel/UCeeswzGaBYAlZKs_umvGJ8Q


Nah fl studio adalah software yang sangat berguna untuk membuat MIDI DRUM, Biola, orchestra, bahkan synth, tapi kekurangannya adalah agak sulit jika kita melakukan perekaman berupa gitar, bass, maupun vocal.
tapi jika menanyakan SOFTWARE REKAMAN YANG MUDAH APA SIH?
jawabannya adalaaaaaah... jeng jeng jeng..


                                                                  MIXCRAFT 7

Software ini sangat mudah ketika kita ingin merekam sound yang LIVE, bukan midi
jadi konsepnya:
1. kita membuat segala sesuatu yang berbentuk MIDI di FL Studio
ketika selesai, kita bisa expot hasilnya menjadi WAV, dan di masukan ke Mixcraft
2.setelah MIDI sudah dimasukan ke project mixcraft, kita tinggal rekam semua yang bersifat LIVE.
misalnya, gitar, bass dan vocal

Kini anda bisa menemui saya diyoutube, subscribe jika dirasa anda membutuhkannya, karna kontennya akan berkaitan dengan setup saya rekaman, hingga ke pembuatan video.
silahkan klik linknya:
https://www.youtube.com/channel/UCeeswzGaBYAlZKs_umvGJ8Q


hal yang harus di perhatikan dalam rekaman (SIMAK BAIK BAIK) adalah:
1. Punya niat, dan telaten/kuping yang jeli.
2. Tidak mudah menyerah
3. Mau bertanya biar ga nyasar di tengah jalan. (syukur-syukur sih nemuin jalan sendiri, jadi ga ngerepotin orang)
4. Harus punya kreatifitas
5. Yang paling penting adalah, PUNYA LAGU YANG AKAN DIREKAM!
yaiyalah, Kalo rekaman pake lagu band/penyanyi yang udah terkenal apa manfaatnya?
bisa jadi malah ngejelekin rekaman originalnya haha

NOISE ATAU SUARA HISSS YANG TEREKAM
Tahukah anda tentang kelistrikan saat rekaman? Minimal anda harus mengenal istilah istilah yang mungkin membuat anda pusing. Saya juga tidak hafal wakakakakakakakakaka
Baiklah, sekarang cobalah anda merekam, menggunakan mic, sudah?
bagaimana hasilnya? Apa ada suara zzzzzzzzzzz, atau sssssssssssssssssssssss?
jika benar, saya akan coba jelaskan sedikit, noise atau dalam bahasa kelistrikan disebut dengan aliran listrik negative akan merusak karya rekaman kita, dari blog saya yang lalu, banyak yang bertanya, ‘’Bagaimana menghilangkan noise?’’
Oke saya akan jelaskan melalui gambar butut sebagai  berikut, jadi baca aja yah.



Kalo kurang paham dengan point ke 3, garis kuning diatas, ini dia kabel jack yang biasa saya pakai untuk recording lihat gambar di bawah ini
Semoga dapat dipahami ya rekan rekan sekalian
Masalah noise sudah selesai,


Ini tempat saya membuat dan mengarang lagu 

Bogor 17 Maret 2013
Ga kaya studio rekaman sih, tapi dikamar ini lah saya mengukir sejarah, dan membuat lagu lagu
Bagi yang ingin mendengarkan hasil rekaman pribadi saya,

ALHAMDULILAH 
siapa sangka, ini lah hasil kerja keras saya dalam 4 tahun dalam merekam lagu, hingga kamar saya disulap menjadi seperti:
Bogor 28 Januari 2016


dibawah ini ada beberapa LINK yang mungkin berguna bagi kalian :)



CONTOH HASIL REKAMAN
 

Dan ini lah spesifikasi secara rinci alat-alat yang saya pakai rekaman di kamar
1. Guitar fender (electric by Singapore) itu juga dapet pinjem
2. Keyboard YAMAHA (tapi jadul, peninggalan almarhum ayah saya.)
3. Mic Genius LOW NOISE! Harga nya Cuma 50ribu di toko computer
4. Efek guitar overdrive BOSS OD-20
5. Notebook acer (bukan laptop yah, tapi notebook)
6. Kabel jack noise less (harga 50rb di toko bku gramedia botani square bogor)
7. Headset Philips
8. Speaker POLYTRON dengan sedikit modifikasi komponen preamp nya.

Komentar rekan rekan sangat membuat saya semangat dalam berbagi hal yang sedikitnya saya mampu. Berharap para rekan semua yang membaca memberikan komentar atau saran, agar blog sepi ini tidak begitu membosankan bagi saya, jika memang blog ini sepi dan seperti tak ada kehidupan, 3 minggu setelah postingan ini saya publish, saya akan hapus akun nya, karna sepertinya tidak ada gunanya saya menulis seperti ini dan sedetail ini, tapi rekan rekan tidak menghargai tulisan saya ini. Huhu sedih deh jadinya (laah ko curhat sih gua? Haha) tapi ya begitulah yang saya rasakan jika hal tersebut terjadi.
Siapapun dapat berkomentar disini, bagi yang tidak memiliki akun, kalian bisa klik pada ‘’select profil’’ anonymous

----UPDATE  12 Januari 2016---
Sekarang saya sudah punyatempat recording yang di sewakan, terima kasih atas partisipasi semua teman teman dari kalangan manapun, dan maupun dari luar Negeri, berkat dukungan kalian, saya bisa berkarya dan setidaknya bisa hidup dari apa yang saya senangi, ini dia hasil dari teman yang pernah recording di COMINGSOONrecords KLIK DISINI ------

---UPDATE 29 MEI 2016---

Engga tau kenapa saya ga bisa balas semua komen yang ada di postingan ini, jadi maaf saya ga bisa jawab.
saya sudah coba membalas lewat komputer tetap tidak bisa, jadi mohon maaf bagi kalian yang ingin jawaban dari saya tidak bisa dijawab disini, tapi ga usah khawatir, kalian tinggal masuk grup yang saya kelola. klik -> DISINI


Sebetulnya banyak trik untuk rekaman, contoh besarnya kalian bisa klik  DISINI
karna jika kita bisa berfikir jernih, tidak usah membuat musik, cukup download dan bernyanyi, tapi bisa dapat uang.


280 comments:

  1. nice posting
    Makasih info'y ya

    ReplyDelete
  2. mantap bro...!!! sangat sangat bermanfaat ni bro. izin ngamalin ni ilmu ya bro... tapi ntar ajarin cara mixing nya ya bro... makasih bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap masbro, hubungi aja link2 diatas untuk komunikasi :) sukses selalu untuk kamu

      Delete
  3. asik nih, komplit banget. saya udah dengerin lagu lagu nya dan enak + asik, kamu pinter nyiptain lagu ditunggu ya lagu2 berikut nya.
    oya sekalian izin nerapkan ni postingan ya? sangat berguna postingannya.
    oya satu lagi kalau tidak punya efek gitar apa hasil nya kurang bagus? dan kalau pake efek gitar selain kayak punya Egi apa bisa?
    makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih feedbacknya, silahkan kalo mau di lakoni isi postingan saya, atau mau di copy paste juga gapapa, tapi sertakan juga URL blog saya :)
      Kalo ga pake efek gitar, itu suara gitarnya jadi mendem (ga nyaring) *cuma itu aja kok
      Kalo masalah bagus atau engganya, ya tergantung kreatifitas kita sendiri. Yang pasti jgn pernah nyerah, semangat ya :)
      Terima kasih

      Delete
  4. sangat bermanfaat! Terima kasih pencerahan'y :)

    ReplyDelete
  5. egi, kalo pengen bikin suara disco2 kaya lagunya situ caranya gimana?
    terima kasih banget kalo mau bantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu, pake looping fruity loops akang :D
      nanti di share deh

      Delete
  6. ijin mengamalkan ilmu nya ya bro! Thanks :)

    ReplyDelete
  7. cara ngehubungin mix atau gitar k laptop kta gmna caranya gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya gampang, jack yang dari output effek gitar langsung sambungin ke jack yang kecil.

      Delete
  8. info yg bermanfaat nih gan ! :)

    ReplyDelete
  9. lagunya keren2 banget gi :) ajarin dong biar bisa kaya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti di ajarin, teknilknya rada aneh, tapi hasilnya yah lumayan lah buat di dengerin sendiri hehe
      terima kasih

      Delete
  10. asyik banget lagu nya Egi. hanya pake notebook bisa sampe segitu bagus, oya Egi pake soundcard external gak tuh? soalnya suaranya jernih+jelas. kata temen saya kalau gax pake soundcard external tuh kualitas suaranya kurang bagus. mohon bimbingannya ya Egi,,, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih pujiannya, aduh itu masih amatiran rekamannya
      Saya ga pake soundcard external, itu soundcard onboard dari notebooknya

      Jadi gini gan, biar suara yg masuknya jelas, edit2 aja :)

      Delete
    2. kalau gitu gimana caranya tuh agar rekamannya jelas=bersih...?
      mohon bimbingannya ya.

      Delete
    3. agan baca lagi di bagian hilangkan noise deh, disitulah salah satu letak kejelasan nada :)
      dan kalo recording jgn sampe overload/kegedean. Okey
      Semoga bermanfaat

      Delete
  11. bang, cara menghubungkan kabel output dengan kabel tambahan gmna bg? kasih tau dong, ga ngerti nih, trus gmna cara menimbun kabel tambahannya ketanah? wkkw haru keluar rumah dulu kah? ahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama tempelkan kabel (pembuang noisenya) ke stainlessteel jack gitar/mic anda.
      Nah ujung satunya lagi kubur aja, kubur setidaknya 20cm kedalamannya :)
      Atau Coba aja kubur di pot bunga(kalo ga ada pake ember isi tanah aja)
      bawa keruangan dan kubur pembuang noisenya diember itu (saya jg belum pernah coba sih haha)

      Delete
  12. lagunya keren keren :D

    ReplyDelete
  13. Saran saya rekam pakek Adobe Audition 3.0 aja boss, kalo drum bisa pakek Fl Studio 9 kayak punya saya lebih maknyusss. Saya juga cuma pakek netbook eee pc asus..hehe thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas sarannya, tapi mode yg saya gunakan untuk di share adalah
      ''bagaimana mengoptimalkan rekaman dengan alat seadanya dan RAM yg kecil''
      Untuk penggunaan FL, saya jg sudah menggunakannya sejak lama, cek saja looping2 saya disini -> http://soundcloud.com/egisetiawancs
      Copy paste url diatas ke tab URL browser anda
      Trims :)

      Delete
  14. saya yakin!! apapun software yg kita gunakan saat rekaman hanya berpengaruh 15%.
    Buktikan saja, percuma saja bisa rekaman bagus, tapi lagu ciptaannya jelek! Iyakan?
    Jadi USER (pengguna) lah yang memang pemegang kendali dari semua tentang rekaman itu

    saya acungi jempol buat egi. Dari segi lagu dan kreatifitas :D

    ReplyDelete
  15. Masih bingung dengan menghilangkan Noise,, harus kubur di dalam tanah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama tempelkan kabel (pembuang noisenya) ke stainlessteel jack gitar/mic anda.
      Nah ujung satunya lagi kubur aja, kubur setidaknya 20cm kedalamannya :)
      Atau Coba aja kubur di pot bunga (kalo ga ada pake ember isi tanah aja)
      bawa keruangan dan kubur pembuang noisenya diember itu (saya jg belum pernah coba sih haha)

      Delete
  16. bener tuh gan, dikubur dalem tanah, ane udah coba, dan hasilnya efektif banget kok!
    Coba aja kalo ga percaya

    ReplyDelete
  17. btw mana nih adminnya, ayo dong bantu kita'' yang lagi bingung soal recording :'(
    by: ryan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadiiiiir :D
      Maaf baru liat blognya lagi
      Sibuk di dunia nyata soalnya hehe

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. gan lagu titik jenuhnya keren, bersih banget recordingnya. Gimana tuh caranya?

    ReplyDelete
  20. gan. saya sudah coba ikutin langkah diatas, tapi kenapa ya suaranya ga keluar? kesalahannya dimana ? mohon pencerahannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek control panel-hardware and sound-recording
      Cek microphone, kalo ga salah centang yg listen blablabla *saya lupa hehe

      Delete
    2. oke, suara sudah keluar gan terimakasih... Tapi masalah tidak sampai disini

      Delete
    3. sama sama, senang bisa membantu, lalu masalah apa lagi yang anda temui? Barangkali saya bisa membantu :)

      Delete
    4. Terimakasih atas kesediaanya untuk membantu. Kendala saya yang selanjutnya adalah, ternyata tidak mudah membuat suara drum menggunakan accoustica beatcraft :(.. Adakah solusi yg lebih mudah? Sekali lagi saya berterimakasih..

      Delete
    5. dan 1 kendala lagi adalah, ternyata software yang paling mudah itu beatcraft mas :D
      apa yang jadi kesulitan mas furqon? mungkin saya bisa bantu

      ini masih kelas pemula, nah kalo udah menengah beda lagi aplikasinya, dulu saya pake beatcraft, kalo sekarang pake Fruity Loops 10

      Delete
    6. waduh, ya benar sekali saya masih sangat pemula. kesulitannya disaat saya ingin membuat suara drum (ex: dug dug tak des) nah bagaimana menset basdrum, snaredrum, dan hihat/symbals nya mas.. makasih banget nih

      Delete
    7. oh gitu, belajarnya dari ketukan beatnya.
      rute nya:
      keterangan:
      Pedal (P) snare (S) hihat (H) cymbal (C)
      Angka satu itu berarti paterrnnya di isi, kalo 0 (nol) berarti ga di isi

      P= 1000-0000-1000-0010
      S= 0000-1000-000-1000
      H= 0000-1000-1000-1000
      C= 1000-0000-0000-0000

      Kalo ga ngerti add saya aja di fb, nanti saya upload fotonya

      Delete
  21. miin mau nanya

    aku juga suka rekaman lagu tapii hasil rekamanku setengahnya itu suara fan laptop yg berisik, ada solusi ga? abisnya ngeganggu banget suaranyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Direkam langsung kaya ngerekam di hp ya? kalo mau pake mic, gitar elektriK
      Atau bisa juga gitar bolong masukin mic (hasilnya ga bagus banget, tp jauh lebih baik daripada kamu langsung dari mic laptopnya

      Delete
    2. oooh jadi pake colok mic external dolo gituu ya?

      Delete
    3. iya betul sekali mas, pake aja mic komputer merk Genius, di toko kota saya harganya 50rb. lumayan hasilnya, sampe saat ini saya masih pake ko :)

      Delete
    4. hihi jadi pengen beli nih, tapi gatau berapaan di kotaku

      Delete
    5. atau engga pake headset yg sudah ada mic nya mas, yah ga bagus2 banget sih, tapi buat belajar itu cocok kok :)

      Delete
  22. gan egi, saya sudah bisa nih, tapi ada satu pertanyaan saya.. Jika recording kan kita pasti ingin mendengar suara instrumen musik yang kita mainkan, nah kendala saya mengapa suara instrumen musik tersebut (gitar) membayang ya? Jadi gak sekali genjreng keluar bunyinya, tetapi harus menunggu beberapa detik dahulu baru suaranya keluar.. Mohon bantuannya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. control panel-hardware and sound-recording
      Cek microphone, kalo ga salah centang yg listen blablabla
      untuk suara gitar yg membayang, instal aja asio4all :)

      Delete
    3. cakep, asio4all sudah didownload dan install, namun bagaimana pengaplikasiannya di audacity ini? Heheh (maklum pemula)

      Delete
    4. disaya pas udah instal ga telat lagi rekamannya, ga diapa apain malah, di instal doang
      kalo emang tetep ga bisa juga atau masih telat, solusi lainnya mas bisa geser audio nya sampe pas. Caranya klik aja yg berlambang <-> di kanan atas layar

      Delete
  23. Makasih gan buat info nya :)
    kebetulan ane mau belajar recording sendiri drumaah nih .
    oyaa lagu hasil dari rekaman nya bagus jugaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama sama, selamat berjuang ya :)
      Dan sukses, amin

      Delete
  24. gan gmna cara.nya rekam dari mixer pake laptop,,,
    sya rekam 3 gitar bersama.an, jd sya pake mixer,,,
    dr output mixer lgsung sya in ke laptop,,,monitor.nya suara.nya bagus,,,tp saat direcord suara.nya jd gak genah gitu, kayak kaset pita nglokor alias bundet2 gtu,,,
    mohon pncerahanya gan,,,
    tq,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. atur volume inputnya dulu, jgn sampe overload
      Dan harus pake soundcard yg multi channel (ada kok yg sampe 8 channel)
      biar bisa rekam barengan tapi tracknya masing2 sendirian. (jd gampang di edit)
      Atur juga di tools Edit->preferences->kolom chanelnya di sesuain sama input yg dimasukin.

      Tp kalo cuma pengen gabung rekam 3 alat langsung cuma buat asal/dengerin doang mas bisa atur dari inputnya, output dari mixer jgn terlalu besar
      Rutenya kaya gini kan:

      3GITAR->MIXER->LAPTOP->SPEAKER
      yg harus di perhatikan adalah volume output MIXER sebelum di inputkan lagi ke laptop agar suaranya tidak bundet2 kaya yg mas bilang diatas

      Semoga membantu

      Delete
  25. gan, masih ngebayang sekian detik.. Padahal udh instal asio4all sama udh di klik tanda <-> . Apa karena soundcard onboard ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebayang gimana? pas lagi di rekam atau pas playback ke speakernya yang ga realtime?

      Delete
    2. jadi saya rekam, sambil menceklis kotak 'merekam dengan suara diaktifkan' nah, suara instrumen yg saya mainkan sekaligus rekam tidak tepat waktu keluar di speaker. begitu gan egi...

      Delete
    3. yaudah jangan di ceklis, jadi dengernya yg udah di rekam aja, jgn yg baru direkam.
      Kalo soundcard on board emang latencynya gede.
      Di computer temen saya juga gitu.

      Delete
    4. oh,, jadi ketika saya rekaman suara gitar listrik saya tidak bisa terdengar ya ketika rekaman karena faktor soundcard onboard?

      Delete
    5. bukan tidak bisa di dengar, di dengar sih bisa, tapi responya lambat :)
      Kalo notebook saya realtime, tidak lambat seperti itu, driver yg saya gunakan realtek HD manager :)

      Makanya off-in aja listen blablablanya gitu. Cukup denger track lain aja yg uudah di rekam, mana nih hasil rekamannya? Saya mau denger :D

      Delete
  26. Postingan lo keren , thanks banget sebelumnya, gw mau nanya juga nih, ini sama sekali ga butuh soundcard kan ? bener cuma modal converter dari jack ke laptop doang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama sama :)
      Betul sekali, sampe sekarang pun gue belum ada rejeki buat beli soundcard m - audio impian gue :)

      Delete
  27. Kalau pake DI gimana ? gw pake kira" untuk pengganti effect buat ngilangin noise, bisa ga ya gi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngilangin noise kita bisa tempeldi stailles sebuah kabel yang ujungnya 1 lagi di timbun ditanah

      Kalo efek, itu saya pake buat jadiin pre-amp supaya suaranya lebih ngangkat, dan 1 lagi, gausah pake distorsinya, efek itu cuma lewat doang, distosrsinya OFF, istilahnya numpang lewat :)
      Kalo cari2 suara distorsi gitar, pake aja plugin VST overdrive aja, lebih keren :D

      Delete
  28. Postingan yg sangat bermanfaat sekali bagi yg baru belajar mixing :)
    Mau nanya ni.. cara menghilangkan vocal lagu trus di isi vocal kita bisa ga ya? Thx sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bukan di vocalnya di ilangin kali ya, soalnya ga akan bisa 100% vocalnya ilang, masih ada suara vocal dari vocalist aslinya
      Lagian kualitas lagu juga jadi turun mas

      1. Kalo mau coba boleh aja,
      Masukin mp3 yg mau di karaokein
      2. Pilih option yg ada di kanal track yg bertanda ''V'' (segitiga kebawah maksutnya)
      3. Split stereo track
      4. masih di pilihan kanal track, pilih mono di ke dua audio tadi
      5. block atau tandai 1 track saja dan beri efek invert
      6 play. Selesai :)

      Delete
  29. mas saya mau tanya jadi itu drumnya nggak pake drum asli dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pake midi
      Kalo pake drum live biaya lebih maximis, bukan ekonomis :)
      Namanya juga home recording, bukan studio recording

      Delete
    2. oh iya iya :D
      kalo misalnya pake drum asli bisa apa nggak mas?

      Delete
    3. bisa ko mas, tapi soundcard nya harus punya 8 line in

      Delete
    4. oalah iya mas makasi..

      Delete
  30. sipp.. sipp.. bagus mas (y) makasih yah, sangat bermanfaat bagi kesehatan, ehh lho?

    ReplyDelete
  31. Sip banget ni postingan (y)

    ReplyDelete
  32. wah gila, apa yg gue btuhin ada disini ! Rada telat kali ya nemuin ni blog.Thanks egi, ini bner2 dapat mnyalurkan hobi nyanyi slama ngsi wktu ksong sblum kuliah. Sbnernya udah dr dlu pke audacity tp blum bner2 tau gmana memanfaatknya, plg cuma buat nymbungin suara2 buat ngrjain tugas. Pkoknya terima kasih, trus update ya pngen belajar trus nih. Sukses ya !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama sama
      aplikasi ini emang sederhana, tapi bisa menghasilkan mahakarya kalo kita maksimal dalam menggunakannya :D

      Delete
  33. Bro, "Mic Genius LOW NOISE!" itu mic beneran apa mic yang include sama headset?
    Trus "Kabel jack noise less" itu buat apa?
    Kalo kita mau ngilangin noise tanpa efek gitar bisa ga?

    btw, thx bro. postingannya kece. ane mau coba rekaman acapella. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mic genius ga include sama headset, bentuknya mirip2 kaya yang ada di GEDUNG2 DPR

      kabel ''noise less'' itu buat sarana input ke PC/laptop supaya ga gresek-gresek

      Efek gitar yg kita pake disini bukan bertujuan ngilangin noise, tapi di jadiin pre-amp

      Kalo buat acapella ane saranin pake alat yg bener2 buat profesional aja, atau mid end, soalnya acappela mengandalkan mic buat instrumennya, jadi pake aja mic condensor atau dynamic

      Delete
  34. gan kabelnya baloeh kabel biasa atau harus kabel noise

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel biasa juga bisa, kawat juga bisa
      Pokonya yang bisa mengalirkan arus listrik

      Delete
    2. gan ga usah make effect bisa kan klo make gitar acoustic

      Delete
    3. terserah agan, saran saya sih pake aja efek nya, walaupun di off (cuma lewat dooang) buat naikin gain
      Kenapa saya bilang terserah? Ya soalnya, hasil nya agan sendiri yang tanggung :)

      Delete
    4. gan klo rekaman gitarnya acousticnya dari headphone genius masih tetap jernih kan klo make kabel tambanhan noise ?

      Delete
    5. mic genius udah low noise kok tanpa perangkat kabel tambahan juga udah sedikit banget noisenya :)

      Delete
    6. mic genius kira kira harganya brapa gan ?

      Delete
    7. waktu itu gua beli 50rb di toko komputer

      Delete
  35. masih bingung gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung praktek aja biar langsung tau interface nya :)

      Delete
  36. gan mau nanyak,,saya kan mau ngerekam pake labtob nih,,cuman vokal sama gitar aja,,nah gitarnya itu masalahnya gitar bolong gan (akustik) apa itu harus pakek soundcard external lagi supaya lebih bagus ?mohon bantuannya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan, kalo emang hasil pgn kaya yg profesional, ya pake juga alat2 yg profesional, jgn lupa jg, orangnya yg ikut serta di lagu itu juga mesti profesional.
      Kalo cuma buat dengerin/karya kecil2an, cukup beli mic aja,
      Itu udah 2 fungsi, di todong ke gitar, dan buat rekam vocal juga. Gausah beli soundcard,
      Pelajari dulu aja software+hardwarenya, kalo udah hebat, baru beli soundcard.

      Delete
    2. berarti vokal dan gitarnya di ambil di waktu yang berbeda gitu bro ? seandainya saya take vokal dan gitar barengan apa tidak bisa ? di labtob kan colokannya cuman ada 2 aja bro soalnya,,disitunya saya bingung,,mohon bantuannya :)

      Delete
    3. iya, misalnya gitar dulu yg direkam, setelah itu rekam lagi melody nya atau langsung vocal
      Kalo langsung gitar+vocal. malah lebih bingung disaat ngerekam/editing nya, soalnya audio gitar+vocal udah kecampur, kalo ada yang salah, masa iya harus dipotong gitarnya juga? Atau ngulang ke 2 nya, itu lebih repot


      dan pas ngedit vocalpun ga akan bisa bagus soalnya nanti gitarnya ikut ke efek vocal karna udah kecampur jadi satu

      Iya, emang cuma 2 port, input+output
      Itu udah cukup mas buat recording di rumah

      Delete
  37. iya, misalnya gitar dulu yg direkam, setelah itu rekam lagi melody nya atau langsung vocal
    Kalo langsung gitar+vocal. malah lebih bingung disaat ngerekam/editing nya, soalnya audio gitar+vocal udah kecampur, kalo ada yang salah, masa iya harus dipotong gitarnya juga? Atau ngulang ke 2 nya, itu lebih repot


    dan pas ngedit vocalpun ga akan bisa bagus soalnya nanti gitarnya ikut ke efek vocal karna udah kecampur jadi satu

    Iya, emang cuma 2 port, input+output
    Itu udah cukup mas buat recording di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya broo,,sori banyak nanyak hhahha,,sukses terus buat lo bro :)

      Delete
    2. oiya satu lagi bro,sayakan sudah donlot asio4all tapi setelah di install yang keluar malah pdf itu kenapa ya bro ?

      Delete
    3. PDF itu tutor dan petunjuk penggunaan nya mas

      Delete
  38. Gan postingannya keren banget dgn harga ga gitu mahal dah bisa rekaman.
    klo boleh ane mau dong denger contoh rekaman agan? supaya bisa menginspirasi.

    oiya gan, sy mau tanya kalau misal yang mau rekaman lebih dari satu orang, gimana cara ngakalinnya kalo pake micrphone genius itu? misal ketika untuk harmonisasi ga mungkin rekamannya dipisah.
    apa dengan 1 mic bisa? atau bisa ada tools yg bisa pasang 3 mic sekaligus ke 1 laptop? karena untuk gitar akustik dan 2 vokalis.
    Oh ya apa perlu soundcard bagus? kalo ga pake soundcard, dgn sc bawaan laptop jg bisa kan ya?
    thanks gan ditunggu saran2nya masta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di atas udah ada sample lagu nya gan, coba di read again & re-check link2 di atas
      tapi semuanya belum di naikin gain nya. Jadi masih mendem,
      Ini pun masih eksperimen biar suaranya nendang :D

      saran ane, Mending rekam satu2 gan, biar mudah dalam pengeditan. Kalo rame rame audionya ga bisa di pisah.
      Tapi ga menutup kemungkinan hasilnya bakal lebih baik, tergantung dari user dan pengisi suara vocalnya

      Bisa ko rekam rame2 tapi hasilnya kepisah, namun harus pake soundcard yg lebih dari 2 line in

      Iya pake soundcard bawaan juga bisa, tapi hasil nya ya seadanya, *eits jgn pesimis dulu, kita bisa edit kok file audio yg seadanya tadi dari yg ga ada jadi di ada adain. Misal di kasih efek delay, distorsi, reverb, compresor dsb
      Walaupun hasilnya ga semaksimal instrumen atau vocal yg masuk
      Tp yg jelas, semua itu ada di tangan user, kalo usernya berani eksperimen dan mix2 efek yg ada, hasilnya bakal TOP deh. apalagi di tunjang dgn lagunya yg keren, yg lebih pasti gunakan pendengaran yg amat sangat jeli.

      Delete
  39. mic genius tipe apa? soalnya setelah gugling ada yg 012 ad yg HS-02S
    yg low noise yg mana ya? kamu pake yg tipe mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih yg HS-02S. lupa, gada tipenya di micnya, bungkusnya udah di buang. Tapi detail alatnya sih:
      1. Kaya mic multimedia (tau mic yg kaya DPR pake kalo rapat kan? *liat dulu deh di tipi* nah bentuknya gitu)
      2. bentuknya kecil
      3: bahan dasar plastik

      Delete
  40. sip banget nih postingannya, bantu banget.
    oh iya gan mau nanya nih, lagu cover payphone agan yg di soundcloud edit n rekamannya pake software apa yah? bagus banget soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. fl 9

      Take di audacity, export ke wav, bawa ke FL 9

      Delete
  41. FL9

    take di audacity, export ke wav, bawa ke FL 9

    ReplyDelete
  42. bang apa bner suara drum'x gg pake drum asli tuh?
    mic geusnya tuh yg gmna bang? fto'n dong bang hehe
    kren lgu"x bang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu drum MIDI,
      biar kedengeran asli harus di dampingi drumer biar velocity (emosi pukulan) 80% menyerupai drum sungguhan

      Delete
    2. nih fotonya www.dmttexas.com/index.php?main_page=product_info&cPath=10&products_id=108

      Delete
  43. bang klo edit vokal bgus pke efek yg mna yaa ?

    ReplyDelete
  44. gan abis rekaman pke audacity kok g bisa simpen pke format mp3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. download dulu lame for audacity
      Baru bisa save as mp3

      Delete
  45. gan aq udh bli mic genius kyk fto di komentar atas tpi kok pas rekaman msh ada noisenya yah? apa punya agan jga ada noisenya?
    thx b4..

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya juga ada noisenya, tapi kecil sekali, hampir ga kedengeran.
      Pas dibarengi musik jadi seperti hilang dan tanpa noise

      Mungkin dari pengaturan boosternya yang kegedean, pastiin dulu settingan db booster di titik 0.0dB

      Delete
    2. aq kira g ada noise sama skli hehe

      setting boosternya itu di sblh mana?

      Delete
    3. di pojok kanan (logo Speaker) klik kanan -> recording device -> microphone -> properties -> level -> miicrophone boost (atur disini) minimal 0.0dB dan maksimal 10dB (jangan lebih, nanti rekamannya ancur)

      Delete
  46. mantap lagunya keren keren gan

    ReplyDelete
  47. bang output dari efek trus masuk ke input laptop yg di line ato di mic bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua dua nya sama aja sih, bisa bisa juga soalnya.
      Tapi kalo saya inputinnya ke mic

      Delete
  48. nice bro, lagunya keren(y), nah yg mau saya tanyakan kalo kita mau rekam pakai akustik gimana? kan tanpa kabel ini itu ini itu dan supaya hasilnya bersih..
    mohon pencerahannya! thx.

    ReplyDelete
  49. kalo akustik ada 3 cara perekaman, tergantung dari selera
    Ini uraian nya:
    1. Anda bisa direct lewat gitar akustik ke PC (tapi ini digunakan untuk gitar akustik elektrik ya)
    2. Anda juga bisa merekam lewat ampli gitar dan di depan speakernya di simpan mic dan terhubung ke PC (ini pun gitar elektrik akustik)
    3. Langsung dari hole gitar (lubang gitar) yaitu dengan cara todong kan mic ke lubang gitar (sumber suara gitar)

    Tapi tahapan nomer 2 dan 3 itu saya sarankan anda menggunakan soundcard sebagai pendukungnya, agar suara yg dihasilkan baik :)
    4

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh salah akun saya mas hahaha

      kalo akustik ada 3 cara perekaman, tergantung dari selera
      Ini uraian nya:
      1. Anda bisa direct lewat gitar akustik ke PC (tapi ini digunakan untuk gitar akustik elektrik ya)
      2. Anda juga bisa merekam lewat ampli gitar dan di depan speakernya di simpan mic dan terhubung ke PC (ini pun gitar elektrik akustik)
      3. Langsung dari hole gitar (lubang gitar) yaitu dengan cara todong kan mic ke lubang gitar (sumber suara gitar)

      Tapi tahapan nomer 2 dan 3 itu saya sarankan anda menggunakan soundcard sebagai pendukungnya, agar suara yg dihasilkan baik :)
      4

      Delete
  50. saya add di facebook mau tanya-tanya
    nana.nisha85@yahoo.com

    ReplyDelete
  51. siang bang egi,,mau nanyak nih bang,kalau kita merekam menggunajan hp android dan menggunakan apps android gimana tuh caranya bang ? apa perlu alat tambahan gitu ?soalnya saya pernah baca ada orang record lagu cuman menggunakan apps di androidnya nama appsnya hq mp3 recording,,dan itu hasilnya juga bagus sekali bang,,gimana bang bisa begitu ? mohoon bantuan bang :)

    ReplyDelete
  52. untuk anonim diatas:

    iya bisa kok pake aplikasi itu, tapi kualitas sample ratenya jg beda, dan pasti ada perbedaan

    kalo pengen bagus tp pake android, bisa juga kok
    Asal di dukung ruangan yg mendukung (misalnya sepi, dan penataan ruang akustiknya tepat) tapi kelemahannya ada kelemahannya:
    1. Kalo ada yg salah ga bisa di edit/di perbaiki hanya bagian yg salah, tp harus seluruhnya, soalnya live track. Dan diulang.
    2. Engga bisa di edit lebih spesifik secara kompleks pada bagian2 tertentu (misalnya vocal ingin di edit, ya ga bisa. karna nanti semua jg bakalan ke edit seluruh isi rekamannya. soalnya cuma ada 1 track)

    Saya udah coba juga pake android, hasilnya lumayan jernih, tp soundnya terasa ada di belakang, dan tipis. (tanpa editing)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus caranya gimana bang egi ? apa ada tambahan alat atau langsung record aja tanpa ada alat bantu tambahan ?

      Delete
    2. kalo untuk android terbatas settingannya
      Lebih unggul di PC dari segi kualitas dan kemudahan di berbagai tools nya

      Mending pake notebook aja :D

      Delete
    3. haha udah coba bang egi tapi pas di track 2 nya ngedelay gitu bang,,belum terlalu ngerti soal mengedit bang soalnya haha,btw nice info bang :)

      Delete
    4. iya, latency namanya

      Nah kalo kejadiannya kaya gitu ada 2 solusi:

      1. Kalo agan pake audacity:
      Hasil rekaman tadi (yg ke 2) geser aja audio rekamannya pake tools <-> (posisinya ada di kiri atas layar) hingga tepat pada posisi yg semestinya

      2. Pake software lain yg memang mendukung asio4all.
      Misalnya sonar, cubase, adobe audition, dsb
      Setting pada driver recording and playback nya ke = driver asio4all
      (sebenernya pake asio4all pun tetap latency, tapi latency nya kecil. Kira2 hanya 6ms. Bisa lah di tolerir kesalahannya. Ga begitu kerasa latencynya)

      Delete
    5. saya pakai audacity bang,udah saya coba bang egi kalo di geser jadinya semuanya ikut ke geser bang,apa harus di potong dulu baru di geser2 bang ?

      Delete
    6. loh ko ke geser semua?
      Rekamnya satu satu dulu
      Misal:
      1. Pertama gitar, trus stop.
      2. Rekam lagi, vocal atau melody lain/apapun klik stop (bisa juga pake space)
      Nah setelah merekam yang ke 2, coba di play
      Pasti yg ke 2 telat kan?
      Nah, geser rekaman audio yg ke 2 tadi, (kearah kiri)
      Pasin deh

      Udah gitu doang bang.

      Delete
    7. oke bang sudah,hahaha nah sekarang gimana caranya mengedit suara attau gitarnya bang biar lebih keras gitu ?

      Delete
    8. drag (block) semua audio yang pengen di gedein, klik effect -> fillter -> naikin 3dB atau lebih

      Delete
    9. equalization maksutnya bang egi ? udah kotak katik gak ada bacaan filter nih,,,oiya bang saya kan sudah coba ni record di track 1 gitar dan track 2 vokal,nah pas saya mau geser vokalnya kok track 1 nya ngikut juga bang,bangung ane haha

      Delete
    10. oh iya, anda pake versi yang terbaru ya?
      untuk versi terbarunya, filter di gantikan dengan equalization

      kok bisa gitu? coba perjelas

      Delete
  53. bang gw udah add FB lo, mau tannya soal main live

    ReplyDelete
    Replies
    1. di daftar permintaan pertemanan ga ada yang namanya anonim

      Tolong sertakan nama anda
      Terima kasih

      Delete
  54. Utk mendukung pekerjaan saya sebagai trainer, saya mulai membuat program training yang disertai penjelasan dari rekaman suara saya. Suara yang dihasilnkan tidak layak dengar banyak noise, tapi setelah membaca artikel ini cara menghilangkan noise sepertinya layak dicoba.
    Terima kasih atas share ilmunya

    ReplyDelete
  55. Keren keren lagu nya, halus ditelinga, enak mas..

    mas mau tanya suara gitarnya kok bisa lebar gitu, itu mixingnya pakai VST effect apa mas ?
    atau cara merekamnya gimana..
    ma'af sebelumnya bila pertanyaan saya rumit mas, aku pakai software DAW Fruity Loops 10 mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih :)

      untuk pelebaran suara gitar
      1. pastikan data audio gitar STEREO
      2. klik track yang tanda tunjuk ke arah bawah
      3. pilih SPLIT STEREO TRACK
      4. block track gitar salah satu dari track yag di split tadi
      5. berikan efek invert

      untuk pemilihan efek, saya menggunakan VST amplitube

      Delete
    2. sippp (y)
      saya coba dulu mas..

      terima kasih mas :D
      ilmu yang bermanfaat :D

      Delete
  56. nice gankk,,,enak lagux,,,v cman dgr,,,ja,,,ngutip ja gank...cox...ndk bisa gitar,,,sneng nyayi ja,,,goodlukc gank..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pujiannya :D
      dan semoga cepet2 bisa main gitar :)

      Delete
  57. song yg bru donk,,,ndk puas nih,,,suarax,,,ok bgt gank,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagu saya paling terbaru ada disini

      www.reverbnation.com/comingsoon1213/songs

      dengan judul ''selamat tinggal''

      Delete
  58. nice post...

    mau tanya nih
    kalo efek gitar diganti sama ampli bisa g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus kan lubang outputnya ampli apa efek cman satu doang kan, lha itu biar bisa d tancepin ke laptop sama d masukin k tanah bersamaan gmn caranya y? maaf neubi. hehe

      btw, lagunya yang selamat tinggal keren tu, itu rekamannya sudio apa sendiri? kalo sendiri kasi tau caranya dong kok bsa bersih kya gtu? misal software apa, tz pke soundcard apa gt. hehe kbnyakan tanya nie

      Delete
    2. lubang outputnya biar bisa di tancepin ke laptop, pake sambungan kecil (kalo anda ga punya soundcard external khusus rekaman)
      yang di tancepin ke tanah, itu kabel bekas, bukan kabel jack instrumen

      semua lagu lagu nya di rekam di notebook saya tanpa soundcard mas, belum ke beli soalnya

      kalo caranya sih sama aja ngerekam-rekam kaya biasa. sisanya editing atau biasa disebut mixing

      Delete
    3. TAMBAHAN:
      saya pake software audacity dan FL 9

      Delete
    4. trs cara nancepin kabel bekas ke ampli/efek gmn y? d tancepin breng2 sama kabel yang d masukin k laptop apa kabel bekas d tancepin dlu ke tanah baru pasang kabel jack buat d masukin k laptop? hehe

      ak uda pake sambungan buat ngrekam, tp kok suaranya 'kemresek' y? mungkin ada kabel khusus apa sambungan jack khusus biar bersih gtu?

      Delete
    5. 1. Pake kabel nya yg low noise, di gramed ada kok
      2. Kabel bekasnya di hubungkan dulu ke stainless steel jack instrumen, tempelin tembaga kabel bekas tadi ke stainless jack instrumen
      3. Ujung 1 lagi, kabel bekasnya di timbun di tanah
      4. Jack nya digunakan seperti biasa anda gunakan untuk merekam, hanya saja ada tambahan kabel yang mengarah kan ke tanah (kabel bekas tadi)
      5. suara kresek2 bisa di sebabkan colokan (input) si kabel sambungan nya ga ngepas ke port jack laptop, jadi suaranya kresek
      6. Cari aja di toko elektronik
      Sambungan jack yang di convert ke ukuran jack 3;5mm

      Semoga jawaban saya membantu

      Delete
    6. oke...
      thx bgt gan uda bantu..
      sukses selalu :D

      Delete
  59. Mohon pencerahan, saya sdh coba utk menghilangkan noise (kayak suara helikopter) dgn menghubungkan jack input mic (bagian stainlessnya) dgn kabel ke tanah (ditancapkan dgn besi sedalam 50 cm). Suara vocal tetap tdk jernih msh ada noisenya. Saya edit dgn audacity tapi malah suara aslinya jadi ikut tertanggu.
    Saya tdk merekam musik (nanti tambah pusing) hanya merekam suara/naration menggunakan laptop acer aspire V3-471G, soundcard external prodigy cube, headset+mic hyglobal.
    Kira-kira bagaimana cara merekam suara agar jernih..?
    Terima kasih atas penjelasannya.

    Salam,
    Mulyana

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. noise bisa di sebabkan dari baterai/laptop yang merekam dalam keadaan di charger
      Maka, saat rekaman, isi full baterainya dulu, jgn rekam sambil di charger.

      2. Coba lihat settingan inputnya, pastikan 0.0dB

      3. Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, tp masih ada noise, mungkin mic bermasalah

      4. Solusi lain, bisa menggunakan noise gate.
      Kekurangan dari cara ini adalah kualitas suara akan turun.

      Delete
    2. jangan gunakan mic yang include dengan headset

      Gunakan saja single mic, dan single headset, jgn yang keduanya di gabung jadi 1
      Karena produk tersebut mungkin tidak di rekomendasikan untuk rekaman,
      Rekomendasi saya, gunakan mic genius, low noise

      Delete
  60. sebenernya bingung deh kalo mau recording sendiri, tapi untungnya ada audacity..tadinya cuman kenal fruity loops yang rumit buat newbie kaya ane -_-

    btw, itu bener gapake soundcard external ? kok bisa clear banget ya suaranya ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga pake soundcard. Trik nya udah di jelasin di tulisan atas hehe

      Delete
  61. mas bro,, gemana sih caranya jadiin mp3 hasil rekaman dengan audacity,, saya sudah coba save project saya tapi kok ga bisa ya di save sebagai mp3 ,,?? itu gemana tu mas bro ,, ? thnks

    ReplyDelete
  62. pake plugin ''lame for audacity''
    Baru bisa di export ke MP3

    Caranya;
    -Instal lame for audacity
    -buka project anda di audacity, export (di bawah untuk rename, ada format yg akan di export, nah itu ganti yg tadinya wav jadi mp3

    ReplyDelete
  63. okee, terimah kasih banyak mas bro, sangat membantu,,,

    ReplyDelete
  64. Salut sama agan.. detail banget post nya..
    kebetulan bnget saya juga pengen bikin lagu dan musik seperti agan..
    saya ngumpulin peralatannya dulu..
    nanti saya pasti bertanya disini, jadi mohon dibantu ya gan...
    thanks sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan, jadi malu nih ane hehehehe

      iya siap membantu kok gan :D
      semoga cepet rampung ya alat2nya

      Delete
    2. cepet bnget responnya :D haha
      mumpung agan online saya langsung nanya aja ya gan..
      saya mulai dari 0 gan, dan senjata saya skrang cuma laptop yang sudah terinstal software FLstudio, AudaCity,
      jadi langkah selanjutnya saya mau beli mic.. nah soal kabelnya gmna gan? emank bisa tuh kabel mic dicolokin ke laptop langsung..?
      dan kebetulan juga untuk gitar listrik dll saya tidak punya, cuma ada gitar biasa, jadi niat saya pingin merekam langsung gan lewat mic, kaya orng konser gitu nyanyi sambil maen gitar hehe :D.. tapi dengan hasil suara yang jernih.. jadi gmna saran dari agan?

      Delete
    3. oke mulai dari 0
      Mas ga perlu pusing hanya karna ga ada alat seperti:
      Gitar
      Bass

      Asal ada mic, mas sudah bisa rekaman dengan baik
      Software pendukung untuk musik:
      FL

      Di FL ini kita membuat seluruh aransemen nya, dan membuat guide lagu

      Nah untuk merekamnya, agan bisa pake audacity, karna selain lebih mudah, audacity juga jauh lebih ringan, tidak memakan ram laptop

      untuk lebih jelasnya
      Langsung aja add fb saya:
      www.facebook.com/begayeggy

      Delete
  65. lagunya keren...
    hanya bersamamu...semua terasa indah..
    takkan pernah ada yang bisa menggantikanmu...
    tapi lebih keren pas di bridgenya mas bro...
    jangan berfikir untuk coba pergi....rhytm drumnya oke...
    tapi lagu avril yang di cover kurang nendang...
    but you guys OK.....terus berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pujiannya

      Untuk lagu urutan dari bawah, itu emang recording lama. Thx :)

      Delete
  66. info nya keren sumpah gila bang egi. .
    ane mw nanya

    bang egi misalnya kita sudah rekam suara gitarnya .trus mw rekam suara vokal kan harus sesuai tuh dengan alunan gitarnya otomatis kita sambil dengerin hasil rekaman gitar yang baru direkam tadi kan. .dan baru sambil rekam vokal
    . .itu enak nya gimana ?
    dan bang egi bisa fotoin ngga kabel kabel yang terhubung di notebooknya bang egi . . .maaf bang egi udah ngerepotin hehe. . .mohon balesannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya lebih nyaman pake metronome, supaya penempatan nya ga salah, jadi rekam gitar pake metronome, pas rekam vocal sambil dengerin gitar dan metronome

      Untuk fotonya udah jelas ya kaka, ada di atas. Coba cek lagi postingan saya yang ini
      Trima kasih :)

      Delete
  67. bang egi saya masih bingung.
    cara nyolokin kabel jack dari acoustic electrc ke laptop kan
    kan lubang dilaptopnya kecil .itu gmna?klklo bisa tlong potoin ya bang egi :D maaf udah ngereptin makasih bang egi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama anda siapa?
      Add saya aja di FB, nanti saya kirim fotonya disana
      Thanks

      Delete
    2. okky zulfikar. bang egi :)

      Delete
  68. di era saya dulu, home recording ga semudah seperti sekarang. Dengan modal pas2an, sy dan teman2 dibelain take di studio recording saat dinihari krn pada jam2 itu murah. Skr sy sudah tua dan lebih sering nyusun lagu via FL. Poinnya adalah, terus berkarya dan semangat utk Mas Egi dan CSnya. saya bangga dengan anak2 muda kreatif dalam bermusik (indie) khususnya pada karya kalian..
    Salam..

    ReplyDelete
  69. Dan satu lagi, di jaman ini masih ada Mas Egi dan CSnya yg senantiasa mau berbagi IPTEK dan karya (di tengah orang2 yg menutup kepinteran dan karya sendiri).. terus maju dan semoga sukses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh mas saya jadi malu nih, terima kasih pujian dan supportnya

      Saya gatau harus bilang apa mas, saya cuma tulis apa yang sedikitnya saya bisa :D

      Sekali lagi terima kasih mas

      Delete
  70. Gan, lagu" agan suara vokalnya dikasi effect ya gan... ?

    ReplyDelete
  71. mantap banget brooo,, semoga sukses

    ReplyDelete
  72. postingan sangat membantu gan,
    mau nanya, dilagu* agan, bass,tom,cymbal,hithat,sama snare'nya di beatcraft pake set apa gan,
    mohon bantuannya
    thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh udah lupa, beatcraft nya sudah di tinggalkan, sekarang pake ezdrumer atau addictive bro

      kalo saya sih biasanya cari di fl yg soundnya bagus, nanti dimasukin ke beatcraft
      gitu

      Delete
    2. oh dari FL,
      mau nanya lagi nih gan, maksud dari gambar yang ngebahas SUARA SEMBER/PECAH/HANCUR itu gimana ya ?

      eh iya, confirm FB saya "Pradipta Ramadan"

      Delete
    3. kita ngobrol nya di fb aja ya, jarang on di blog nih hehe
      sudah saya konfirmasi

      Delete
  73. mantap mas bro infonya...terbantu ane

    ReplyDelete
  74. MUSIC Itu HARAM, Mending beralih mendengarkan murotal Al Qur an, lebih bermanfaat dan menghidupkan hati

    ReplyDelete
  75. Keren Lagunya....
    Itu Kalo Rekaman Buat Vokal'nya Apa Harus Pake Mic?? Mic Yang Kayak Gimana??

    ReplyDelete
  76. mantep bang info2 nya bermanfaat banget nih, SUKSES terus deh buat bandnya (y)

    ReplyDelete